Serunya Memasak Bersama Ifa




Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa sih asyiknya punya anak perempuan? Tentunya banyak buanget.  Namun salah satunya sih bisa diajak masak bareng. Sebenarnya sih aku bukan ibu-ibu yang hobi masak. Bisa dibilang aku masak ya karena merasa ini kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang ibu untuk memberikan masakan sehat bagi keluarganya. Selain itu juga karena kebutuhan, kalau jajan terus boros di kantong bo.

Dari kecil pun Ifa suka diajak masak. Kalau dulu berasa mainan, sekarang lebih ke seru berkegiatan bareng emaknya. Kalau dulu pegang pisau masih sambil aku genggam tangannya, mulai sekarang aku sudah membiarkannya memegang pisau sendiri.

Bagaimana keseruannya?

Day/ Date: Monday, 18 December 2017
Place: At Kitchen’s Home
Nama Anak: Mayda Hanifa S (Ifa)

Kegiatan

Hari itu aku mengajak Ifa untuk menemaniku memasak. Ifa menyambut dengan gembira. Dia bertanya akan masak apa kita hari itu. Aku pun menyebutkan menu yang akan kami buat; sayur sop dengan sosis dan bola-bola daging, tempe goreng.

Setelah menyebutkan menu tersebut, Ifa langsung antusias karena sop adalah salah satu sayur kegemarannya. Meski kemudian akhirnya yang dimakan cuma sosis dan wortelnya, hehe. Masih PR banget nih membiasakan Ifa makan semua jenis sayur, masih suka pilih-pilih.



Aku segera mengeluarkan semua bahan-bahan yang akan kami gunakan memasak, Ifa membantuku menyiapkan baskom, telenan dan pisau. Ifa menyebutkan nama-nama bumbu dan bahan yang dia lihat, seperti bawang putih, merica, garam, gula, penyedap, daging, tepung terigu, wortel, kembang kol, kulbis, daun bawang, dan kentang.

Dia juga menyebutkan beda rasa antara garam, gula dan merica. Tak lupa ia mengingatkanku setelah kulit beberapa bahan dikupas, semuanya harus dicuci dulu sebelum dipotong-potong. Ia bilang begitulah yang disampaikan bu guru waktu kegiatan cooking class di sekolahnya, hehe.

Setelah sayuran dicuci, Ifa bertanya langkah apa lagi yang akan dikerjakan. Aku menjawab kita potong-potong dulu sayurannya, menghaluskan bumbu dan menyiapkan adonan bola-bola daging.

Ifa sudah langsung berkata, “aku mau memotong tempe dan wortel ya  bun.” Aku pun mempersilakannya untuk melakukan aktivitas tersebut. Namun ia nampak kesulitan memotong wortel, keras katanya. Di saat itu, aku gunakan untuk sounding kepadanya agar makan lebih banyak biar tenaganya cukup untuk memotong wortel.



Karena merasa susah, ia beralih ingin membantuku membuat adonan untuk bola-bola daging. Dia pun mengambil alih tepung terigu dan telur yang akan aku kocok. Aku lihat Ifa sudah cukup oke dalam mencampur adonan, sudah merata.

Setelah adonan siap, Affan pun bangun. Jadilah tugas Ifa berganti. “Aku temenin Affan main ya, bunda lanjutin masak.” Alhamdulillah meski tidak sampai selesai, Ifa sangat menikmati kegiatan ini. Dia pun belajar banyak hal.

Apa yang Dipelajari?


  • Ifa belajar mengucapkan bismillah sebelum berkegiatan. Bahwa sebelum melakukan semua kegiatan, harus meminta perlindungan dari Allah.
  • Ifa belajar mengenal nama-nama sayur, bumbu, rasa dan fungsinya.
  • Ifa belajar mengenai proses persiapan masakan.
  • Ifa belajar memotong.
  • Ifa belajar berhati-hati saat memotong.
  • Ifa belajar memotong dengan ukuran yang pas dan sama.
  • Ifa belajar mencampur adonan.
  • Ifa belajar bersabar untuk menyelesaikan sebuah aktivitas.

Tanda-tanda Anak Tertarik

  • Ifa excited menanyakan apa saja yang akan dilakukan.
  • Ifa excited melihat adonan bola-bola daging dan penasaran bagaimana hasil jadinya.
  • Setelah masakan matang, Ifa langsung antusias makan.
  • Ifa berbinar sambil bilang masakan buatan kami enak.

Feeling



Alhamdulillah kegiatan masak hari itu berlangsung seru. Yang perlu aku perhatikan untuk next activity adalah bersyukur mengucapkan Alhamdulillah setiap selesai melakukan sebuah kegiatan. Karena bagaimana pun tanpa bantuan dan ridho Allah, aktivitas apa pun tidak akan berjalan sempurna.

PR buatku juga mengajarkan Ifa untuk menyelesaikan aktivitas yang dirasa susah dan berat baginya. Ifa masih sering berhenti di tengah jalan ketika menemui kegiatan yang buatnya susah. Harus lebih banyak dimotivasi lagi nih.

Next cooking class bersama Ifa sih pengennya bikin cupcake. Soalnya cita-cita Ifa pengen punya toko cupcake. Aamiin.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Serunya Memasak Bersama Ifa"